Breaking News

Bahan - bahan Membuat Komik atau Manga



          Kali ini saya akan membuat postingan tentang peralatan yang digunakan untuk membuat komik. Silakan disimak dengan seksama.

1. Kertas HVS 





Kertas, sudah pasti paling dibutuhkan karna menggambar tanpa kertas itu tidak mungkin kan. Untuk mangaka/komikus pro biasanya menggunakan kertas ukuran B4 atau kertas khusus. Tapi kalo untuk pemula saya sarankan untuk menggunakan kertas ukuran A4 saja.
2. Pensil


Pensil, ini juga benda yang paling dibutuhkan dalam membuat komik, sehebat apapun kamu dalam menggambar pasti tetap membutuhkan pensil :v. Pensil digunakan untuk membaut sketsa sebelum kamu membuat Line, dalam membuat sketsa dengan pensil kamu bisa menggunakan pensil mekanik (lebih tipis) atau pensil HB (kenapa HB ?, karna lebih mudah di hapus dari pada 2b).
3. Penghapus


Dimana ada Pensil disitu ada penghapus, itu karna mereka saling membutuhkan. Kalo penghapus bisa pakai penghapus apa saja, mau yang baru atau bekas adek, dll. yang penting bisa menghapus.
4. Penggaris


Penggaris juga salah satu benda yang dibutuhkan dalam membuat komik. Terutama dalam membuat Background kota. Saran saya gunakanlah penggaris panjang berukuran 30cm atau lebih. kalau punya uang lebih bisa membeli penggaris dengan berbagai macam bentuk.
5. Pulpen


Pulpen biasa digunakan untuk membantu membuat lineart. Untuk pulpen saya sarankan menggunakan pulpen Joyko, karna warnanya hitam terang dan harganya murah meriah :v
6. Drawing Pen


Inilah senjata andalan para Komikus indonesia. Drawing pen, digunakan untuk membuat Line Art. Mempunyai berbagai macam ukuran. kalau harga itu semua tergantung merk, paling murah 1 pen harganya 10rb-20rb.
7. G-pen, Maru-pen, Saji-pen
Ini juga salah satu senjata andalan para komikus indonesia dan mangaka jepang. G-pen, Saji-pen, Maru-pen (Kiri-kanan), beda jenis beda juga hasil goresannya. Untuk harga cukup murah kok, dulu sya beli 1 set berisikan G-pen, Maru-pen, Saji-pen masing-masing satu unit + Pen holdernya seharga 52rb. Oh ya.. jangan lupa beli Pen holdernya juga ya, jangan cuma beli mata pennya aja :v.
8. Kuas + Tinta Hitam


Kuas dan Tinta digunakan untuk Inking. Tinta hitam kamu bisa menggunakan Tinta Cina, harganya murah kok cuman 2rb/botolnya bisa didapat di toko-toko. Kalau kuas, kamu beli kuas berukuran kecil atau kalau kamu punya uang lebih bisa membeli berbagai macam ukuran.
*Tips : jika kamu tidak punya uang, tapi kamu punya kuas ukuran sedang. Bakar sedikit demi sedikit sambil di cepulkan ke air untuk membuat ujung kuas menjadi kecil. (sudah saya coba sendiri dirumah dan berhasil :v)
9. Tinta Putih


Tinta Putih Digunakan untuk membuat highlight dan menghapus bagian yang keluar garis. Tapi ini tidak harus kok, untuk membuat highlight dan menghapus bagian yang keluar itu bisa dilakukan nanti diedit di Photoshop (gratis bro dari pada harus beli tinta putih muahaalll)
10. Pensil Warna


Gak perlu dijelaskan pasti udah tau gunanya buat apaan. Tapi kebanyakan orang sudah mewarnai secara digital. Tapi kalau kamu mau mewarnai secara tradisional kamu bisa membeli pensil warna Faber Castle.
11. Komik/Manga


Ini cuma untuk referensi aja, untuk melihat contoh angel, panel, dll.
12. Tracing Table


Tracing Table yang selalu di pakai oleh komikus dan ilustrator. Tapi ini gak wajib kok, karna harganya juga mahal banget. Tapi jangan bersedih, kamu bisa membuatnya sendiri kok dengan modal meja, kaca, dan lampu + imajinasi kamu sendiri.
13. Scanner


Dan ini lah yang terakhir. Scanner, ini untuk men-Scan hasil komik kamu yang nantinya untuk di perbagus dengan photoshop. harganya cukup mahal, harga berbeda-beda di tiap daerah. tapi kalau kamu tidak punya uang untuk membeli, jangan di paksakan. kamu bisa meminja punya teman mu atau memakai jasa scan di tempat fotocopy.


Oke bro itulah peralatan yang digunakan untuk membuat komik, Kalau masih ada peralatan yang tertinggal nanti akan saya update, untuk sekarang sekian itu saja dulu. Selamat mencoba membuat komik. Jika ada pertanyaan komen saja bro nanti akan saya jawab sebisa mungkin. 

















2 komentar: